Jalan-jalan: Pulau Dewata, Bali Pt. 2

Kembali lagi menceritakan tentang pulau dewata, Bali. Siapa di sini yang pengen ke Bali atau kangen dengan suasana Bali? Kali ini ada cerita apa yaaaa yang bisa gue sharing ke kalian tentang Bali? Hhmm…

Jalan-jalan part 2 ke Bali kali ini sangat amat berbeda sensasinya dengan cerita jalan-jalan part 1 ke Bali. Kalau di part 1 gue liburan bersama keluarga, kali ini masih tetap sama keluarga, tapi lebih tepatnya kakak sepupu gue yang udah gue anggap seperti kakak kandung gue, karena kita lengket bak permen karet (manis lagi kan kita hehehe).

Jalan-jalan kali ini bermula dari keisengan gue yang selalu gelisah kalau ga traveling dan kaki suka gatal kalau cuma bolak-balik kantor-kosan sekitaran Jakarta aja (ga deng becanda sayang.. padahal ga ada tai lalat di telapak kaki lho, heran!).

Kebetulan, waktu itu, gue lagi ngajak sepupu gue namanya Tassya, untuk datang nginep di kosan gue (anaknya ga bisa sepi, sukanya ngundang orang main ke kosan, tapi ngundangnya manusia ya, kalau yang lagin serem ah). Nah, tumbenan anaknya mau tuh main ke kosan gue.

Di saat momen tengah malam, yang katanya tiket suka murah, gue mulai mencoba bahas-bahas traveling, mencoba liatin foto-foto liburan, mulai menghasut hingga merasuki benak sepupu gue untuk mencuci otaknya agar mau gue ajak traveling. Ternyata, tidaklah susah, cukup mudah, bukan gue berbakat jadi sales atau MLM tapi kebetulan juga sepupu gue lagi pengen liburan ke Bali. Okeh hajar.. kita cari tiket liburan ke Bali yang katanya suka mahal itu.

Dengan bermodalkan salah satu aplikasi traveling, gue mulai berselancar dengan fokus mencari tanggal murah dan promo terbaik dan tak butuh waktu lama jeng..jeng..jeng.. gue menemukan tiket PP Bali-Jakarta dengan Citylink dengan harga kurang dari 1jt rupiah.. SELAMAT! (heh bukan hadiah kuis semacam di tipi-tipi) Alhamdulillah beruntunglah kami, jadi 2 tiket sekitar 1,8jt rupiah saja. Pepatah mengatakan rezeki ga kemana, jodoh di tangan tuhan (jadi kudu tawakkal, nah bener).

Ketika tiket sudah diissued, gue secara reflek bukan mengucap hamdalah tapi malah istighfar, karena se-nekat dan se-random itu membeli tiket (kan belum ngurus cuti, duit jajan gimana, penginapan gimana). Tapi, untungnya cuti yang gue perlukan hanya sehari. Jadi, gue dapat tiket PP Jakarta-Bali perjalanan 3 hari saja, dimana gue akan cuti Jumat (trik sering liburan tapi cuti kepotong dikit). Walaupun singkat, tapi nikmatin aja bos.. 3 hari itu lumayan lho kalau dipikir-pikir, sekiranya ada 72 jam, 4320 menit dan 259200 detik. Lumayan kan.

Tiket udah, nah sekarang penginapan nih.. dengan bermodalkan asas kekerabatan, gue bertanya kepada salah satu kenalan gue yang punya satu unit kamar di salah satu hotel bintang 4 baru di Bali, yang harganya kalau diitung 3 hari 2 malam itu harusnya tanpa nepotisme gue harus membayar 4,5-4,7jt gitu. Wow.. berkali-kali lipat harganya dari harga tiket gue, kismin.. (mohon maaf saya kan modal backpacker, ga akan masuk budget itu dengan harga segitu), tetapi alhamdulillah, sekali lagi gue beruntung, jadi gue hanya bayar 1jt untuk 3 HARI 2 MALAM!!! (bagi dua dah tuh murah banget gue nginep di hotel bintang 4 bayar segitu kapan lagi). Alhamdulillah.. alhamdulillah.. alhamdulillah..

Urusan tiket aman, hotel aman, sekarang urusan jajan nih. Ya.. walaupun suka liburan, gue ga akan mepet juga sih mesen, dengan budget dan kantong pas-pasan gue selalu menghitung dan memperkirakan pengelurannya. Biasanya kalau traveling, jede pemesanan tiket dan keberangkatan sekitar 2-3 bulan, jadi masih bisa nabung dikit buat jajan pas traveling. Trus, triknya kalau traveling, itinerary perlu banget untuk memperitungkan budget pengeluaran. Karena duit pas-pasan lagi, gue orang yang sangat saklek dan struktur banget kalau liburan. Harus prepare semua, sampai transport harus browsing dan pesen dulu selagi belum sampe di lokasi. Kecuali udah yakin ga akan sewa kendaraan, jadi duit ga cuma spare buat makan, tapi transport juga. Untuk dana cadangan biasanya tetap di simpan dan yang dipake gue pegang cash, jadi harus dipas-pasin segitu-gitunya.

Sedikit intermezzo, gue mau cerita, agak berat sebenarnya liburan itu, ya kadang teman di kantor mikir gue sering liburan karena banyak duit. NOOOO… tapi dishalawatin dan diaminin aja dah. Pastinya sebelum liburan semua gue selalu memikirkan strategi busuk agar liburan bisa terlaksana dan prosesnya pun panjang ga instan, tetiba besok liburan sekarang beli tiket engga gitu yaaaa. Lalu, yang terberat kedua adalah ketika minta oleh-oleh. Kalau jastip gue sih masih mau. Padahal gue anaknya anti koper, gue tenteng ayok deh yang penting cuan, kalau oleh-oleh gue suka mikir, tapi ujung-ujungnya biasanya tetap gue beliin juga (ya kan gue anaknya ga tegaan ya, walaupun ga seberapa, yang penting ada dah).

Januari gue pesan tiket, hotel dan transportasi (sewa motor di sana, karena gue pengen motoran ke Ubud) menunggu 3 bulan hingga akhirnya April pun tiba. Tiket gue adalah keberangkatan di akhir April (tentunya setelah gajian, lumayan gajian April nambahin dikit jajan gue ke Bali). Satu lagi, gue mau share tips aman saat traveling guys, yaitu jangan lupa minta restu orang tua. Nah ini nih, sebagai anak yang baik, gue selalu izin kemana pun kaki gue melangkah sama orang tua gue, gue whatsapp dah bokap nyokap (takut kalau nelpon ga diizinin karena biasanya izinnya mepet, sengaja biar mau ga mau diizinin, yang ini jangan ditiru yaaa). Tapi, balik lagi namanya orang tua, pasti akan support kalau itu hal positif bukan negatif bukan? Toh, tujuan gue liburan, bukan buat nakal, perginya masih sama sepupu gue lagi kan.

Anyway, sehari sebelum keberangkatan, gue nginep di kosan sepupu gue yang lebih dekat jaraknya ke bandara Soetta. Jadi, gue gotong-gotong tuh tas ransel traveling ke kantor, abis ngantor pulang malam gue langsung cabut ke kosan sepupu gue yang jaraknya jauh banget dari kantor gue. Tidak bisa tidur menjelang flight, sudah pasti itu gue, yes this is me, kalau lagi mau jalan, sangat excited kayak bocah mau piknik ke Cibodas malamnya ga bisa tidur saking senangnya.

Hari H pun tiba, gue dan sepupu alhamdulillah sampai Bali nih dengan selamat (ciyeeee.. akhirnya liburan juga kan, perasaan gimana? oh tentu sumringah happy banget). Sampai di Bali, kita ke parkiran motor dan di sana udah nunggu abang penyewaan motor (udah janjian di bandara, jam berapa sampai, motor apa yang mau disewa udah dibikin kesepakatan jauh-jauh hari). Gue pun kasih KTP dan kunci pun dilepaskan ke gue. Anyway, tadi gue sempat cerita kan kalau gue bawa ransel? Nah, bener ransel, ga ribet, tentu. Tapi masalahnya, sepupu gue ga bisa kalau traveling tanpa koper. Jadilah kita semacam bocah petualang, koper dan ransel, naik MOTOR! Buset gue macam orang mudik itu, ga lagi-lagi dah, udah ngegeret koper berisik, bawanya pake motor kayak apaan tau, ga tau jalan lagi, tapi tetap gue PAKSA tu sepupu gue baca maps. Yaiyalah gue mau fokus bawa motor untuk membawa semua beban ini (termasuk beban hidup, ampun deh).

Alhamdulillah, ga butuh setengah jam, dari bandara kita sampai di hotelnya.. Hotel bintang 4 yang masih baru, yang kalau gue search belum ada di website gambar aslinya, baru kayak gambar digitalnya gitu (istilahnya apa sih yang masih desain dari arsitek gitu deh, tapi bukan layout ya). Ternyata pas sampe, Masya Allah itu hotel BAGUUUSSSS BANGETTTTT ya wajar bintang 4. Lobby-nya keren, ada foyer gitu sebelum ke resepsionis, konsepnya bagus banget, warnanya juga cantik banget. Gue yang abis bete bawa motor jadi happy banget. Sepupu gue yang awalnya ga setuju bayar 500rb buat 3 hari jadi lupa dan gue bilang saat itu: “Ga nyesel kan 500rb dapat 3 hari di sini lebih dari worth it gilak kali masih lirik hotel lain, di sini dapat breakfast lagi”. Tempatnya oke banget, isntagrammable, pelayanannya pun oke, staffnya ramah. Nikmat tuhan mana lagi yang didustakan.

The Kanvaz Village Resort Seminyak

Setelah checkin, gue dan sepupu gue menuju ke kamar. Pas lewatin kamar, kita lewatin restonya yang viewnya langsung ke pool. Sumpah KEREN ABIS! Keren lutuna gaulna cuy, kurang alay apalagi gue backpacker miskin dikasih hotel bintang 4, mulai congkak berasa anak sultan.

Sampailah kita akhirnya di kamar dan lagi-lagi, buset ah capek amaze mulu, ini sih liburan terbaik gue sepanjang masa. Dengan budget murah tapi luxurious. Gue sepanjang traveling ini bersyukur terus sih. Mana ada welcoming servicenya gitu, dapat beberapa macaroon lucu, cantik-cantik yang gue juga ga tega makannya tapi pas dimakan enak. Ga ngerti lagi.

Abis selesai memuji-muji liburan ini, gue dan sepupu bersiap mandi (udah mandi pagi, tapi ampe Bali gerah, kita mandi lagi) sebelum memulai adventure di hari pertama. Hari pertama kami sesuai itin yang sudah gue buat pastinya (sepupu gue si manja itu mana mau repot bikin itin, ngitung duit, ujung-ujungnya tinggal narik koper tapi kerepotan sendiri HAHAHA) adalah pergi ke Ubud. Ngapain tu? Gue penasaran ama yang namanya sawah. Padahal sering liat sawah dimana-mana, tapi herannya gue, turis-turis mau asing mau lokal datang ke sini. Kalau dari foto sih oke. Dari pada penasaran, mending datangin langsung aja ga sih.

Sekitar setelah dzuhur, gue dan sepupu gue berangkat. Tapi sebelum ke Ubud, kita makan dulu ke salah satu resto hits (request sepupu gue yang pengen foto), namanya Nook.

Di sini, sebelum gue ke sawah gede beneran, gue rehearsal dulu makan sambil melihat view sawah yang terbentang di belakang Nook.

Mumpung di Bali, kami pesan ayam betutu. Walaupun pricey untuk ukuran makanan, tapi ya worth it lah, makananya cukup enak.

Kurangnya cuma 1, pas gue nunggu pesanan makanan, ada ular kecil gitu di belakang gue, rada jauh dikit, turun dari pohon. Untungnya petugasnya sigap langsung nangkap (anyway gue se phobia itu ama ular, demi apapun, tapi waktu itu karena orangnya sigap, belum gue liat utuh tu ular udah ditangkap).

Setelah perut kenyang, hati senang, kita langsung cus ke Ubud tepatnya ke Tegallalang Rice Field menempuh jarak 1.5-2 jam. Lumayan yah pegel, ga ada gantiannya, yang berjuang hanyalah gue seorang. Tapi, sesampai di sana, happy sih, worth it, walaupun yang gue liat sawah, tapi segar banget, trus berasa Bali dan banyak bule (bule cakep tapi sama pasangan, buat apa HAHAHA). Gue senang happy, perjalanan jauhnya ga sia-sia. Gue dan sepupu gue langsung blusukan, mengitari sawah, dari atas, ke bawah, ke atas, isinya padahal cuma sawah, cuma yak mon maap kita nyari angle foto yak, ya maap, maklum pertama kali.

Tegallalang Rice Field

Asyik foto-foto ga kerasa udah sore aja dan gue bergegas mau menuju tempat selanjutnya. Rencananya mau ke Bukit Teletubbies, Campuhan, tapi liat waktu sepertinya tidak memungkinkan, akhirnya kami bergegas ke Double Six Beach mengejar sunset di pantai (anjay scene terbaik di Bali dan romantis sih ini, kalau sama pasanganya, sayangnya tidak). Ngebutlah gue, mencoba memanggil Valentino Rossi untuk merasuki gue, tapi sayangnya mustahil terjadi dan bener aja dong, ga kebagian sunset di pantai, tapi di daerah Badung, gue berhenti sejenak untuk mengabadikan sunset yang gue dapat dengan view lagi-lagi sawah. Gapapa, masih syukur loh setelah ngebut kesetanan masih liat matahari (amit-amit kalau engga kan).

Nah, tapi tetap, kami berdua tetap ke pantai, walaupun mataharinya udah tenggelam dengan sempurna, tapi ya pengen chill macam turis di pinggir pantai sampai gelap. Ga ada yang salah bukan?

Double Six Beach

Setelah malam tiba, akhirnya kami memutuskan balik ke hotel yang ternyata ga begitu jauh dari hotel kami lho. Tapi, beneran itu hotel strategis banget. MENARIK!

Tibalah hari kedua kami di Bali. Hari ini rencana mau pergi menyebrang ke Nusa Penida. Idih gaya naik boat nih ga kudu nyupir motor lagi gue. Sebelum berangkat, turunlah kami buat breakfast. Akhirnya, moment breakfast dengan view pool yang indah seperti surga yang dinantikan pun tiba. Awalnya, gue pikir makanannya prasamanan seperti di restoran pada umumnya. Ternyata menunya ala carte gitu dan dikasih buku menu, kita disuruh milih dan gue milih yang ada salmon (tentunya gue segila itu ama salmon). Pas makanan tiba, gue iseng liat dari atas, pas mau moto, jepret.. lho ga perlu disusun, udah instagrammmble, ajaib emang, gila.. gila.. Saking nikmat makan, makanannya enak, viewnya bagus, kami kesiangan untuk berangkat ke Sanur (untuk nyebrang ke Nusa Penida).

Bergegas kami memesan taksi online dan menuju Sanur. Sampai di Sanur eng ing eng.. tiketnya habis dong. Gue coba hubungi penyewaan motor di Nusa Penida (tetap bawa motor tiap hari, semacam dihukum, ga ada pilihan, mau pake tour mahal dan instan, kurang adventure) kalau gue kehabisan tiket. Ternyata, mereka ga cuma sewa motor doang dong, tapi jual tiket boat Sanur-Nusa Penida juga. Yaelah, kalau nanya kan biasanya ada paket gitu ya, bisa kali sekaligus gue beli kan. Gue nanya ama teman gue katanya beli tiket langsung aja di loket-loket Sanur. Untungnya Allah sayang, dengan doa nyokap dan bokap gue, lagi-lagi kami terselamatkan. Driver taksi online yang kami naikin tadi ikut bantu mencarikan kami tiket dan alhamdulillah dapat tiketnya guys.. Sanur-Nusa Penida PP seharga 200ribu.

Sebelum akhirnya kami sampai di Nusa Penida, gue makesure ke abang penyewaan motor di Nusa Penida dan ada lagi drama hari ini. Ternyata, mereka udah standby di pelabuhan Toyapakeh, sementara gue akan berhenti di pelabuhan Buyuk, yang mana katanya Yoyapakeh-Buyuk menempuh 20 menit. Lah cukup jauh. Terus gimana? Gue dan sepupu gue yang mikir itu bisa diatur sesampainya di sana, ya kita panik tapi lempeng aja tetap positif, kita tetap bujukin abangnya, walaupun mereka ga mau karena jaraknya cukup jauh.

Sampailah akhirnya di Nusa Penida pelabuhan Buyuk. Drama belum berakhir.. Jujur pelabuhannya, bersih dan sepi guys. Ga ada penyewaan motor, ga ada sinyal. Mau ngapain nih kita, masa transit doang, naik kapal 200ribu cuma PP doang ya ga mungkin dong. Akhirnya ada bapak-bapak nyamperin, ngakunya sewa motor tapi cuma 1 dengan harga 150ribu. Buseeeetttt.. motor yang udah gue sewa di Toyapakeh aja sebelumnya cuma 75ribu, bagus lagi. Dengan pertimbangan 2 kali lipat, gue menolak. Ternyata, itu beneran penyewaan motor bukan sisa 1, tapi satu-satunya juga.

Eh gimana..gimana.. nasib kami ini? Gamau kemungkinan buruk yang dibayangkan tadi terjadi. Dengan menghiraukan gengsi, kita balik ke bapaknya lagi dan nanya transportasi lain dan dia bilang GAK ADA. Gak ada dong.. Trus solusinya? Dia bakal minjem motor warga dan disewain ke kita. Oke kalau itu jalannya, gue ambil. Pas datang, ternyata yang datang motor bebek, gue harus bolak-balik masukin gigi dan ngerinya udah lebih 10 tahun gue ga bawa motor gigi guys. Tapi, ya mau gimana lagi, tidak ada pilihan. Bapak yang ngasih motor pun bilang: “Saya kalau mau ke pantai sana (ngomongin Broken Beach dan Kelingking Beach) lebih milih naik motor ini. Lebih enak, jalanannya mulus kok”. Okedeh pak, kami percaya. Kami gas kan ke sana.

Lalu, gimana nasib motor yang udah gue booked di Toyapakeh? Bukannya mau lari dari tanggung jawab, tapi sinyal aja ga ada. Mau ke Broken Beach dan Kelingking Beach aja modal berhenti dari satu rumah warga ke rumah lain buat nanya petunjuk jalan. Se-adventure dan se-effort itu.. Eits.. tapi pas di tengah jalan, sinyal hp pun mulai ilang timbul, ilang timbul, sampai akhirnya dari penyewaan motor itu ternyata udah sampai di Buyuk. Akhirnya mereka mau antar tapi kita keburu ambil motor bebek yang maaf lebih ke arah butut ini, harganya 100ribu lagi, pengen nangis.

Perjalanan di sana tak semulus, perjalanan gue dari Jakarta ke Bali guys. Ternyata yang katanya jalanannya mulus, boong, jalanannya butut, kayak motor yang dikasih ke kita. Sedih banget ga sih gue bawa motornya effort banget, mendaki gunung, lewatin lembah, beratung nyawa dengan mobil-mobil travel yang ngebut karena ngejar waktu buat ke lokasi selanjutnya, bahkan hampir ketabrak tapi untung Allah masih sayang sama kami. Sampai akhirnya perjalanan 10 menit menuju Broken Beach gue udah ga sanggup lagi. Bukan capek bawa motor, tapi gue masih sayang ama nyawa gue sih, jalanannya super jelek dan gue ga yakin bawa motor begitu melewati jalan yang udah benar-benar HANCUR..

Sampai akhirnya, gue dan sepupu gue menepi meratapi nasib. Tapi lagi-lagi alhamdulillah Allah baik sama kami, kami bertemu seorang bli. Dia nyamperin kami dan akhirnya kami cerita semuanya dan dia bilang: “Nekat kalian cewek berdua bawa motor begini lagi, nih ya mba saya bilang, ga ada yang pake motor begini kesana, boleh mba buktiin nanti di sana, semua pakai motor matic. Sekarang ikut saya aja, kita bonceng 3, saya antar kemana mba mau liburan.Motornya jelek tinggalin aja di sini, ga akan ada yang nyuri. Saya kenal sama yang punya rumah depan sini. Kuncinya mba bawa ya” Ya Allah lagi-lagi doa nyokap dan bokap gue ini..

Akhirnya, kita sampai di Broken Beach and see.. motor matic semua cuy, benar banget. Trus, bli nya langsung ngajak kita ke spot terbaik di sana dan jalan sekitar 2 menit ke Angel’s Billabong Beach. Ga cuma ngasih tau spot-spot dan bantu kita foto, dia juga cerita tentang si pantai itu. Terbaik deh.. Gini nih real adventure akan ketemu momen dan orang yang ga diduga.

Angel’s Billabong Beach
Broken Beach
Kelingking Beach

Lalu, setelah dari sana, waktu menunjukkan jam 3 lewat, kami pun minta kembali ke pelabuhan Buyuk, tapi bli nya masih semangat nganterin sampai akhirnya kita di Kelingking Beach. Pemandangan 3 pantai itu subhanallah bagus banget..banget..banget.. makasih ya Allah udah kasih kesempatan untuk liatnya. Setelah foto sebentar, kami bergegas kembali ke Buyuk dan pas banget waktu menunjukkan pukul 4 sore, sesuai jadwal keberangkatan boat ke arah Sanur.

Tapi, drama terakhir terjadi guys. TENTU! Ketika kami balik, bapak yang menyewa motor kepada kami langsung mukanya berubah, kaget, balik-balik kami ga bawa motor. Dia mulai marah-marah, tapi untung ada bli yang menjelaskan dan mau mengatarkan bapak itu untuk jemput motornya. Baik banget ya Allah, saking baik awalnya dia sungkan menerima uang yang gue dan sepupu gue kasih sebagai reward menjadi tour guide dadakan yang baik. Tapi, setelah kami paksa, akhirnya dia terima dan gue pun minta nomor blinya, berharap suatu saat gue balik lagi ke Nusa Penida dan bisa tour ditemani bli yang udah ahli segala sudut Nusa Penida. Terakhir, di ending perdebatan, bapak yang nyewa motor bilang gini: “Saya juga heran, mba berdua ini mau naik motor gitu, nekat, mau ke Broken Beach malah dapat Broken Road kan”. What??? Ga salah tuh orang, dia yang bilang jalanan mulus, yang rekomen naik motor, malah bilang gitu. Makan tuh duit 100ribu hasil nipu itu, gue dan sepupu gue ikhlas.

Untungnya, ga lama kita sampai dan setelah berdebat, boatnya datang dan kita langsung buru-buru naik dan masuk ke dalam. Sungguh perjalanan yang amazing hari kedua ini. Sebelum akhirnya memutuskan benar-benar pulang ke hotel, kita sempatin untuk ngechill di Potato Head yang hits yang ternyata ga sesuai ama saku gue. Udah sekali ke sana udah tau, thanks terima kasih. Tempatnya cozy, designnya bagus tapi ga cocok aja ama saku gue thanks. Duduk bentar di pantai, lagi-lagi ga dapat sunset. Sedih.. Setelah itu kemalaman di pantai, kita diusir dan pindah ke dalam resto. Makanan habis, kelar, ga mau lama-lama kita akhirnya balik ke hotel. Jalan 5 menit sampe hotel. Dekatkan.. Sungguh STRATEGIS!

Tibalah hari ketiga, dimana hari terakhir sekaligus hari kepulangan ke Jakarta. Sedih banget harus pulang ninggalin Bali yang indah. Tapi, sebelum pulang, kami memanfaatkan waktu yang tersisa. Di akhir terakhir ini, gue kekeuh berencana mau liat sunset di Bali. Akhirnya memutuskan ke La Plancha Beach. Untung flight malam. Tapi, sebelum ke La Plancha, sepupu gue mau mampir ke toko oleh-oleh (hhmmm mulai halu ngadi-ngadi mau bawa banyak barang, geret koper aja susah, pake motor lagi ini, ga mikirin sepupunya kewalahan gitu). Yaudah, karena gue lebih muda, gue ngalah. Pas mau pergi, ternyata ban motor kita kempes dong, bahkan itu bannya robek. Flashback, sepertinya pas kemarin ke Ubud ngebut ga sadar ketancep paku, jadi aja gembos.

Seperti gue bilang sebelumnya, staff di hotel yang gue tinggalin baik-baik kan, termasuk securitynya yang nganterin kita cari bengkel. Ternyata, cari bengkelnya cukup rumit, tapi akhirnya nemu juga sedikit jauh. Jadi, konvoi 2 motor gitu kita. Setelah sampai dibengkel, dicheck ama abangnya, ternyata untung aja masih bisa ditambal ga harus ganti ban dalam yang harganya mahal. Kebetulan banget bengkelnya lagi ada customer dan jujur dalam hati gue mulai was-wasa waktunya ga keburu nih beli oleh-oleh ama pergi ke pantai.

Tapi, lagi-lagi bala bantuan tuh ada aja ya.. salah satu customernya ngalah, karena dia bilang kita cewek-cewek, kasian jadi kita didahuluin gitu deh. Sambil nunggu motor, gue ajaklah si abang baik yang mengalah itu ngobrol. Dia ngasih tau tempat-tempat wisata di Bali yang banyak orang ga tau, cerita seputaran Bali gitu deh, sampai ga kerasa akhirnya motornya selesai ditambal. Gue dan sepupu gue pun pamit dan si abang mengalah menyarankan satu tempat untuk beli oleh-oleh murah. Akhirnya, kami pun pergi ke sana yang ternyata tempatya tidak jauh.

Namanya udah sampai tempat oleh-oleh masa ga beli yah. Akhirnya, gue ketulah (ikutan beli). Nyari daster buat nyokap, nyari kaos-kaos Bali, gelang-gelang, dreamcatcher dan pastinya membeli pie susu khas Bali. Cukup lama keliling nemenin sepupu gue belanja. Setelah itu, dia kelaparan dan kita makan di warung depan pusat oleh-oleh itu. Jujur bukan ga mau kasih tau. Gue suka lupa nama asli, sepupu gue yang tau tempatnya (emang ga ada niatan kan gue beli oleh-oleh).

Sesegera mungkin setelah belanja, kami melanjutkan perjalanan ke La Plancha Bali. Duduk santuy, killing time di pantai. Oh iya, anyway ransel dan koper, masih kami titipin di hotel dan hotelnya untung baik. Jadi, santuy di pantai cuma bawa oleh-oleh aja dan sebelum ke pantai, gue ala-ala beli topi dari harga 100ribu jadi 50ribu aja dan pas sampai di pantai pun ga dipake. Yang ada gue ama sepupu gue sibuk foto-foto pake kamera instagnya dan nungguin sunset sambil nunggu di beanbag warna-warna yang ternyata kudu mesen makan hahaha. Udah ga ada panas lagi, buat apa pake topi, si aneh pake beli topi segala.

Perjuangan pun tidak sia-sia dan yeay… dapat sunsetnya, cantik banget.. aku suka walaupun mendung, ya gapapa deh.

La Plancha Beach

Setelah puas dengan pantai dan sunset, gue dan sepupu gue kembali ke hotel mengambil barang kami dan langsung ke bandara. Ternyata, mulai gerimis tuh, panik gimana, tapi untungnya selamat juga sampai bandara. Gue langsung hubungi abang penyewaan motor buat ambil balik KTP, yang ternyata udah standby di parkiran. Karena gerimis dan sepupu gue kelaperan lagi (laper mulu dia mah), akhirnya kami memutuskan makan sebelum flight di Solaria. Cari yang sesuai budget aja dah.

Asli janji, ini drama terakhir kami sebelum akhirnya benar-benar sampai di Jakarta. Tadi, gue sempat cerita kan kalau Bali gerimis.. Nah, cuaca buruk mempengaruhi flight kami kali ini. Sepupu gue ampe ngucap-ngucap ketakutan flight malam dan kapok banget. Jendela sampe warna putih karena kabut dan turbulensi berkali-kali. Walaupun gue terlihat santai, tetapi dalam hati kecil gue berdoa, gue yakin masih didoain ama nyokap dan bokap, restu Allah bergantung pada restu orang tua kan. Setelah flight sekitar 1 jam waktu Jakarta, akhirnya kami sampai juga dengan sampai. Alhamdulillah dan memutuskan untuk pulang masing-masing ke kosan.

Review jujur traveling kali ini seperti roller coaster. Naik turun, seru rempong, benar-benar menantang 🙂 Oya info dikit, mungkin ada yang penasaran, untuk 3 hari di Bali, gue bawa duit jajan sekitar 1,5juta all in transportasi dibayar di tempat, bensin, masuk-masuk tempat wisata, makan dan oleh-oleh. Cukup kok!