Semua orang pasti tau Harry Potter, kan? So, pasti dong ya. Nah, kali ini saya mau sharing pengalaman saya selama memasuki dunia sihir. Mulai dari tes untuk memilih asrama di Hogwarts, tes untuk mendapatkan tongkat sihir, membuat patronus hingga akhirnya  pindah sekolah ke Ilvermorny. Wah, kok bisa ya? Bisa dong.

Jadi, bagi kalian penggemar Harry Potter, kalian bisa mengunjungi pottermore.com. Disana, kalian bakalan bisa ngelakuin hal seperti yang saya sebutin sebelumnya. Website-nya engga cuma sekedar menceritakan seluk beluk Harry Potter aja, tapi juga tentang Fantastic Beast. Pokoknya, pas kalian buka website-nya, berasa banget deh dunia sihirnya. Keren banget!

Pertama yang saya lihat dari website pottermore adalah tulisan “The Sorting Hat”. Saya langsung antusias dan mencoba mengikuti tes dalam pemilihan asrama ini. Dulu, saat pertama kali mengenal Harry Potter, saya cuma melirik asrama Gryffindor (asrama tempat Harry, Ron dan Hermione belajar ilmu sihir). Tapi, semakin saya menggilai serial Harry Potter ini, semakin bertambah pula pengetahuan saya. Hingga akhirnya, saya mulai melirik asrama lain, yakni Ravenclaw.

Menurut saya, visi misi Ravenclaw hampir mirip dengan diri saya. Jadi, saya sangat senang saat melihat hasil tes dari “The Sorting Hat”, yang menunjukan bahwa saya masuk ke dalam asrama Ravenclaw.

pm-pride-ravenclaw-desktop-wallpaper-1024-x-768-px
screenshot_9

ravenclawcommonroomwallpaper

Setelah saya mendapatkan asrama dan melihat asrama Ravenclaw, saya mencoba mengikuti tes untuk mendapatkan tongkat sihir. Caranya, saya harus menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan. Setelah menjawab beberapa pertanyaan, taraa… akhirnya saya mendapatkan tongkat sihir juga. Tongkat sihir saya ini terbuat dari kayu hazel, inti bulu burung Phoenix dan hard flexibility dengan panjang 9 3/4 inchi.

wand

screenshot_3 screenshot_4 screenshot_5 screenshot_6

Setelah mendapatkan tongkat, pastinya saya bisa mempelajari mantra sihir dong. Nah, salah satu mantra yang saya pelajari adalah “Expecto Patronum”. Jika mantra ini disebutkan, maka akan menghasilkan patronus yang bercahaya dan berbentuk seperti hewan. Mantra ini juga termasuk sebagai salah satu mantra yang melegenda dalam serial Harry Potter. Kenapa? Karena mantra ini, Harry bisa menyelamatkan hidup Sirius Black dari serangan Dementor yang menyerangnya saat mereka berada di dalam Hutan Terlarang. Sihir ini pertama kali hadir dalam “Harry Potter and the Prisoner of Azkaban”.

Saya pun engga ingin melewatkan momen untuk belajar dan mencari tau hewan apa yang menjadi patronus saya. Untuk itu, saya mencoba menjawab beberapa pertanyaan dan jreng..jreng..jreng.. akhirnya saya mendapatkan patronus juga. Patronus saya adalah Wildcat.

screenshot_1

Setelah puas menimba ilmu dan bermain-main di Hogwarts, saya pun melihat adanya peluang lain. Ternyata, ada sekolah sihir terbaik selain Hogwarts. Tapi, saya harus pindah dan berlayar ke bagian utara Amerika. Konon katanya, disana terdapat sebuah sekolah sihir terbaik terkenal, yang juga menghasilkan penyihir-penyihir hebat seperti di Hogwarts. Sekolah itu bernama Ilvermorny.

Setelah membaca kisah dan latar belakang Ilvermorny yang ternyata memiliki kaitan dengan buku Fantastic Beast, saya mencoba masuk dan melakukan pemilihan asrama di sekolah ini. Tidak disangka, saya mendapat asrama, Horned Serpent. Ternyata, saya mendapat asrama yang sama dengan Isolt Sayre, salah satu pencetus dan pendiri utama dari sekolah ini. Wow, fantastic baby..

ilvermorny-house

Jadi, saat ini, saya memiliki dua almamater dari sekolah sihir yang berbeda, satu dari Hogwarts (England) dan satunya lagi dari Ilvermorny (North America). Tidak hanya itu, saya juga merupakan alumni dari asrama Ravenclaw dan Horned Serpent. Dua asrama berbeda, namun memiliki keunikan tersendiri.

Begitulah perjalanan saya dalam menelusuri dunia sihir dan menjadi murid di sekolah sihir Hogwarts dan Ilvermorny. Semoga potterhead lainnya juga bisa mengetahui asrama mana yang cocok dengan kepribadianmu.

“Draco dormiens nunquam titillandus – Never Tickle a Sleeping Dragon”

Bonus: Ravenclaw Welcome Message

screenshot-my-pottermore-com-2017-02-27-22-48-33

